Koordinasi Pejabat Pengadaan di Lingkungan Provinsi Kalimantan Timur
Kamis, 17 November 2022 Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur telah menghadiri undangan Rapat Koordinasi Pejabat Pengadaan di Lingkungan Provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Hotel Neo+ Balikpapan. Rapat diselenggarakan oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan dihadiri oleh Pejabat Pengadaan di seluruh OPD Provinsi.
Rapat dibuka oleh Staf Ahli Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur yaitu Drs. Diddy Rudiansyah Anan Dani, MM. Acara ini diselenggarakan guna peningkatan pengetahuan dan pemahaman Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan Pengadaaan Langsung dan e Purchasing.
Materi difokuskan pada mekanisme pemilihan penyedia dalam Pengadaaan Langsung dan e Purchasing dengan penjelasan pada tiap tahapannya yaitu :
1. Reviu terhadap Dokumen Persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan Pengadaan Barang/Jasa yang sederhana
2. Penyusunan dan Penjelasan Dokumen Pemilihan yang dilakukan melalui metode pemilihan Pengadaan Langsung dan Tender Cepat
3. Evaluasi Penawaran dan Penilaian Kualifikasi pada Pengadaan Langsung
4. Evaluasi Penawaran dengan metode evaluasi harga terendah sistem gugur
5. Negosiasi dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan mengacu pada Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan standar harga/biaya
6. Pengadaan Barang/Jasa secara E-Purchasing dan Pembelian melalui Toko Daring.