... Pencarian berita ...

INFORMASI

KONTAK KAMI

img

Workshop Pemetaan Potensi dan Peluang Investasi

(29/4/2024) Rapat Workshop Pemetaan Potensi dan Peluang Investasi, yang di adakan oleh DPMPTSP Prov. Kaltim di Hotel Astara Balikpapan, adapun point-point yang di sampaikan dalam acara tersebut antara lain:

  1. Menuju pertumbuhan Ekonomi 4,1-4,9 % dengan memperkuat kinerja industry pengolahan, dengan mendorong oprasional pabrik pengolahan produksi kelapa sawit seperti biodiesel, minyak goreng dang turunan lainnya, meningkatkan produktivitas hasil produksi pertanian melauli intensifikasi pangan dan ekstensifikasi perkebunan, mendorong peningkatan sector konstruksi, perdagangan, transportasi, serta akomodasi makan minum untuk menangkap peluang pebangnunan IKN.
  2. Menjaga stabilitas Ekonomi dengan cara menjaga dan meningkatkan iklim investasi di daerah, mengendalikan tingkat infalsi untuk meningkatkan konsumen rumah tangga, meningkatkan kualitas belanja pemerintah, mendorong peran komoditas hasil olahan industry untuk ekspor.
  3. Mendorong Inklusivitas Ekonomi dengan meningkatkan efek pertumbuhan ekonomi kepada seluru lapisan masyrakat melalui peningkatan nilai tambah produk unggulan, mendorong pertumbuhan sector padat karya, serta menyiapkan SDM yang berkompeten untuk bersaing di pasar kera.
  4. Meningkatkan sesadaran akan pentingnya investasi sebagai Langkah krusial dalam mempromosikan pembangunan ekonimi,sosial, dan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi masyarakat dan negara.
  5. Meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam mengubah potensi daerah menadi peluang investasi yang siap ditawarkan kepadan investor, baik dalam dan luar negeri.
  6. Memulai investasi yang berkualitas, dapat merangsang pertumbuhan ekonomi dalam skala yang lebih luas, serta mendukung pertumbuhan Inovasi dan menciptakan lapangan kerja.
  7.  Potensi Investasi Regional (PIR) merupakan sistem yang berbasis geospasial yang memuat data dan informasi seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia. Data dan informasi dalam aplikasi PIR menyajikan:
  • Profil 38 provinsi dan 514 kabupaten/Kota
  • 81 peluang proyek prioritas strategis yang siap ditawarkan (69 proyek Peta Peluang Investasi (PPI) dan 12 proyek dalam rangka mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan potensi investasi Rp 239 Triliun), yang dilengkapi dengan dokumen Pra-FS, infomemo, infografis, eksekutif summary, videografi yang disajikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • 10 proyek peluang investasi di daerah dalam bentuk memoinfo.
  • Potensi sektor unggulan di setiap provinsi.
  • Kawasan Industri dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
  • Data RTRW/RDTR yang terintegrasi dengan Kementerian ATR/BPN.
  • Sebaran potensi komoditi di seluruh Indonesia (minerba telah terintegrasi dengan ESDM).
  • Sebaran infrastruktur di seluruh Indonesia.